Senin, 15 Oktober 2012

BENTENG terbaru, sejarah berdirinya pon-pes YABID BENTENG

 posting kali ini adalah sejarah berdirinya pon-pes YABID guna untuk mengetahui sejarah sejarah berdirinya pondok pesantren di indonesia  terutama di kec. sungai batang inhil riau..

SEJARAH BERDIRINYA PONDOK PESANTREN YAYASAN BIN DAHAN ADDINIYAH ALISAMIYAH BENTENG KEC. SUNGAI BATANG INHIL RIAU 

inilah gedung pon-pes YABID KEC. SUNGAI BATANG INHIL RIAU.......


PONDO KPESANTREN YAYASAN BIN DAHLAN KEC. SUNGAI BATANG INHIL RIAU, Didirikan atas dasar keinginan pendirinya, K.H.ABDUL RAHIM BIN DAHLAN BIN H. THALIB BI H. ALI BIN H. ADAM BIN H. LACCAK BONE/BUGIS, yang melihat pendidikan agama pada saat itu mengalami kemunduran. hal tersebut diketahui dari pengetahua siswa yang sangat minim terhadap ilmu agama, siswa yang sudah duduk di Madrasah Aliyah tidak mengetahui Suratul Ikhlas dan tidak bisa menulis suratul ikhlas. Padahal jika dibanding dengan zaman sebelumnya, kelas III Madrasah Ibtidaiyah saja sudah pasih dalam mempelajari, memahami dan bahkan sudah hapal suratul ikhlas. Atas dasar itula, maka dengan dukungan bantuan dan kerja keras masyarakat setempat pada tanggal 22 Januari 1996 berdirilah Pondok Pesantren Yayasa Bin Dahlan di Desa Benteng Kec. Reteh dan diresmikan pada tanggal 26 September 1996 yang pada saat itu bersamaan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. 
Besarnya minat masyarakat sangat berpengaruh terhadap lanjutnya perkembangan Pondok Pesantren Yayasa Bin Dahlan Kec. Sungai Batang yang saat masih tergabung dalam kec. Reteh, dimana jumlah siswa yang mendaftar adalah 140 orang yang terdiri atas 30 siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs),a 20 siswa Madrasah Aliyah (MA) dan 70 siswa Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) dan Raudatul Atfhal (RA) 20 siswa dengan tenaga pengajar berjumlah 20 orang.
Memasuki tahun  ke 15 Pontren Yayasan Bin Dahlan Telah menamatkan 12 Tingkatan Alumni. dan Syukur Alhamudulillah saat telah dilengkapi berbagai sarana prasarana yang permanen dengan Gedung 2 lantai, diantaranya, 
1. Ruang Pimpinan dan Kepala Madrasah
2. Ruang Guru
3. Ruang Perpustakaan
4. Ruang Belajar (12 lokal)
5. Mushallah
6. Asrama Putra dan Putri
7. Ruag TU
8. Ruang Osis
9. Ruang Komputer
10. Dan Berbagai prasarana lainnya

inilah guru-guru yang mengajar di pon-pes YABID beserta pimpinan pondok atau pendiri podok ,,,


inilah suasana saat perpisahan siswa/siswi pon-pes YABID BENTENG KEC. SUNGAI BATANG INHIL RIAU atau kelulusan siswa KELAS 3 madrasa aliyah atau KELAS 3 madrasa tsanawiyah ,,,,...?

0 komentar:

Posting Komentar