Rabu, 07 November 2012

Inilah 12 Calon Gubernur Riau Periode 2013-2018

OPI, PEKANBARU - Puluhan Petinggi Riau berambisi untuk ikut Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) bulan oktober tahun 2013. Mereka berlatar belakang profesi dari ketua partai (red. Ketua DPD partai politik Propinsi), Birokrat, Bupati, mantan walikota, Anggota DPRD Propinsi Riau, Anggota DPR Ri, dan istri Gubernur.
Indonesia Negara Demokrasi terbesar kedua setelah Amerika serikat,makin rame peserta ikut Pilgubri menandakan suatu Negara itu berdemokrasi. demokrasi berarti demos= rakyat, krasi=pemerintahan. pemerintahan Demokrasi dari rakyat untuk rakyat.rakyat langsung memilih sang pemimpinnya.
Zaman kini rakyat sudah pada pintar-pintar, 2 kali Pilpres (Pemilhan Presiden), 2 Kali PilGubri (Pemilihan Gubernur), 2 kali (pemilihan Bupati/walikota), saat Kampanye/Pemilu (Pemilihan Umum) oknum tersebut menyambangi rakyat, kayak sinterklas aja turun dari langit membawa bingkisan untuk rakyat, simpatisan.
Para kandidat ini tinggi tingkat dermawannya saat kampanye berlangsung,membagi-bagikan kaos, baliho, spanduk, bingkisan, juga pitih (duit). kalau sudah duduk ingin ketemui dengan beliau beribu alasan dari bapak sedang sibuk, rapat, keluar kota, ada tamu dan lain-lain. ucap sang ajudannya.
Dari hasil survey wartawan Koran ini keliling Riau, Sekilas info 33 % penduduk Riau keturunan jawa, mereka ini berdomisili di 13 kabupaten/kota se-Riau.mereka sudah beranak pinak (sudah turun temurun) berdomisili di propinsi Riau. separoh lebih masyarakat riau orang pendatang dari sumatera barat, sumatera utara,serta berbagai suku bangsa se Indonesia.
Hampir setiap pelosok daerah pedalaman riau terhampar perkebunan sawit milik Perusahaan swasta, maupun BUMN serta milik warga keturunan jawa bekerja sebagai petani sawit didaerah kabupaten/ kota seriau.
Pada Oktober 2013 mendatang digelar Pilkada Provinsi Riau. Meskipun masih cukup lama, lebih dari setahun, namun suhu politik di Riau mulai meningkat, dampak dari eskalasi persaingan awal para bakal calon yang berminat menggantikan posisi yang wajib ditinggalkan Haji M Rusli Zainal.
Dari informasi yang dirangkum dari sejumlah sumber, baik dari pribadi yang berminat maju maupun dari pengurus partai politik, berikut ini ada beberapa nama yang mulai muncul ke permukaan untuk memperebutkan dukungan rakyat Riau.
Inilah daftar sementara kandidat calon Gubernur periode 2013-2018
1. Haji Suryadi Khusaini
Mantan wakil ketua DPRD Propinsi Riau, juga ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Propinsi Riau. Suryadi khusaini pernah ikut Pilgubri tahun 2008 berpasangan dengan Chaidir kalah telak.
Suryadi sebagai calon wakil Gubernur sedangkan dr Hewan Chaidir sebagai Calon Gubernur Riau pada Pilgubri tahun 2008.
“Jokowi Riau ini” juga ketua Paguyuban jawa IKJR (Ikatan Keluarga Jawa Riau) 33 % penduduk Propinsi Riau keturunan jawa.
Saat Pilgubri tahun 2008 dulu ada beberapa orang warga jawa bilang ke wartawan ini,bila ketua IKJR ikut Pilgubri sebagai calon Gubernur seluruh orang jawa berdomosili di riau mendukung beliau, memberikan bantuan moril maupun materil. 2 poin untuk Suryadi ketua partai juga ketua Paguyuban jawa. (red Suryadi khusaini baru menyerahkan jabatan ketua IKJR ke pada Suryadi paijan) bayangkan berapa masa pendukungnya.
Oh ya kursi PDIP pada DPRD Propinsi Riau meraih 7 kursi, hanya mencari dua kursi lagi Partai berlambang banteng bermulut putih ini bisa mengusung calon Gubernur dan wakil gubernur dari partai yang ketua umumnya Buk Hajjah Megawati SP.
Saat ketemu dengan Suryadi Khusaini dirumahnya beberapa hari yang lalu mengatakan ingin jadi nomor satu bukan nomor 2 lagi tuturnya kepada wartawan Koran ini.
2. Haji Raja Mambang Mit
Mantan Sekda (Sekretaris Daerah ) Propinsi Riau ini dulu ikut Pilgubri tahun 2008 berpasangan dengan Rusli Zainal sebagai calon Gubernur, sedangkan Mambang Mit sebagai calon wakil Gubernur.
Haji Raja Mambang Mit juga Ketua DPD Partai Demokrat Propinsi Riau, Partai ini peraih suara nomor dua terbanyak berhak mengusung cagubri dan Cawagubri 2013. kini beliau menjabat sebagai Wakil Gubernur Riau hasil Pilgubri 2008 dulu. bahkan relawannya telah mendeklarasikan sebagai calon Gubernur Riau periode 2013.
3. Haji Indra Muchlis Adnan
Indra Muchlish Adnan ini memang gaul “kama namua” pakaian ala Sunan besorban oke, pakaian bergaya umum juga oke. (istilahnya kanan kiri oke ji).
Indra Muchlis Adnan dua periode terpilih sebagai Bupati Inhil (Indra Giri Hilir), beliau juga Ketua DPD Partai Golkar Propinsi Riau.berkemungkinan beliau ikut serta sebagai peserta Pilgubri 2013. dari pantauan wartawan Koran ini keliling Riau,baliho bergambar beliau pake kaca mata ratusan terpasang di pinggiran jalan dari desa hingga daerah kabupaten/kota sepropinsi riau.
Pada pemilu lalu Partai Golkar pemenang suara terbanyak, parpol (Partai Politik) ini berhak mengusung cagubri dan cawagubri sendiri.dalam sebuah kesempatan ia menyatakan optimis menang jika pemilihan dilakukan oleh DPRD. (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah).
4. Jon Erizal
Jhon Erizal selama ini berdomisili di ibukota Negara yaitu jakarta, warga kelahiran Bengkalis ini duduk sebagai bendahara umum Partai Amanat Nasional (PAN). pekerjaan pengusaha.
Partai berlambang matahari ini berkemungkinan akan mencalonkan beliau sebagai Cagubri atau wagubri pada Pilgubri 2013 esok. melihat tingkat kepopuleran beliau masih rendah di tengah masyarakat riau. Warga kabupaten bengkalis saja tak ada yang kenal dengan beliau semuanya, selama ini Jhon Erizal berkiprah kancah perpolitikan nasional.
Bila Partai PAN Ngotot juga mengusung beliau untuk calon Gubernur Riau periode 2013-2018 sama dengan membuang uang ke laut. (tingkat kepopuleran jhon masih rendah). kedua PAN harus berkoalisi dengan Partai lain. jumlah kursi di DPRD Propinsi tak mencukupi 9 kursi.
5.Muhammad Lukman Edy
Mantan Menteri Negara Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal Kabinet Indonesia bersatu (KIB) jilid I juga anggota DPR Ri sudah menyatakan kesiapannya ikut Pilgubri. sedangkan Partai kebangkitan Bangsa (PKB) tidak cukup jumlah kursi pada DPRD Riau harus berkoalisi dengan partai lain. Adik Bupati Inhil Haji Indra Muchlis Adnan ini siap pulang kampung untuk ikut Pilgubri 2013. baliho bergambar beliau sudah terpasang di jalan-jalan protocol kota maupun kabupaten se-riau
6. Herman Abdullah
Haji Herman Abdullah SE.MM dua periode menjabat walikota Pekanbaru juga ketua KOSGORO. beliau sedang giat-giatnya mensosialisasikan/berkunjung ke tengah masyarakat.
Herman Abdullah kalah dalam pemilihan ketua DPD partai Golkar Riau bersaing dengan Indra muklish Adnan beberapa tahun yang lalu
dalam beberapa kesempatan sudah menyatakan siap maju sebagai calon Gubernur Ia juga sudah melakukan pendekatan terhadap sejumlah partai untuk minta dukungan. Semula ia bersedia jadi wakil, namun belakangan lebih bersemangat menjadi calon gubernur.
7.Annas Maamun
Bupati Rokan Hilir ini sempat membantah akan maju pada Pilgubri bersama Yopi Arianto, namun berdasarkan keterangan salah seorang pengurus partai, ia telah melakukan pendekatan untuk maju. Sebagai calon Gubernur Riau untuk periode 2013-2018. politisi gaek ini juga ketua Golkar DPD Kabupaten Rokan Hilir. entah perahu apa yg akan dipakainya untuk mengarungi “samudra politik” pilgubri 2013.
8. Wan Abubakar
Mantan Gubernur Riau dan juga mantan Wakil Gubernur Riau yang kini menjadi anggota Komisi IV DPR RI tersebut sudah menyatakan keinginan untuk maju, tetapi belum jelas partai apa yang akan mengusungnya. Padahal wan anggota DPR Ri berasal dari Partai PPP (Partai Persatuan pembangunan)
9. Azis Zainal
Ketua DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Riau yang kini menjadi anggota Komisi C DPRD Riau tersebut memang belum mengumumkan keinginannya maju, tetapi selain mengandalkan partainya, Azis juga sudah mendekati sejumlah partai untuk minta dukungan, termasuk Partai Keadilan Sejahtera (PKS).
10. Achmad
Bupati Rokan Hulu ini memang sama sekali belum menunjukkan gelagat maju ke permukaan publik, tetapi dari informasi yang diterima riauterkini dari seorang pengurus partai, tokoh satu ini sudah datang dan merundingkan dukungan untuk maju. Kabarnya, Ketua DPC Partai Demokrat Rohul ini juga sudah meloby sejumlah pihak di DPP partainya untuk mendapat dukunga, meskipun sikap PD sudah resmi mendukung Mambang Mit.
11. Septina Primawati Rusli
Meskipun sampai saat ini belum ada pernyataan resmi dari yang bersangkutan untuk maju ke Pilgubri, namun berdasarkan informasi istri Gubri ini berpotensi untuk meramaikan pesta demokrasi lima tahunan. Perahu yang diincar tentu Partai Golkar. Oh ya septina barusan kalah dalam Pemilihan walikota Pekanbaru. berkemungkinan septina untuk posisi wakil gubernur.
12. Syamsurizal
Mantan Bupati Bengkalis Dua periode menjabat Bupati bengkalis dan mantan Pejabat Walikota Pekanbaru ini diam-diam ternyata sudah melakukan konsolidasi untuk ikut Pilgubri 2013. Bahkan Partai Gerindra sudah didekati, meskipun belum final. Posisi yang diincar adalah Gubernur Riau. Syamsurizal kini sebagai ketua Harian PB PON Riau.
Bahkan syamsurizal ikut nebeng dalam kegiatan PON mendeklarasikan sebagai calon Gubernur Riau saat rapat sosialisai PB PON di dumai.
pengamat Pilgubri, kita mengingatkan kepada calon gubernur ini bila terpilih suara terbanyak jangan korupsi, serta menjaga marwah adat melayu riau yg religius dan bermartabat. untuk efek jera bila oknum petinggi riau ini ketahuan korup maka masyarakat riau berhak menghukumnya dengan hukum adat yaitu mengusir dari bumi lancang kuning ini. ketu ajisutisyoso.(didi).

2 komentar:

  1. Penuturan Orang No 1 Di Kabupaten Rokan Hilir Soal Cagubri
    Suyatno : Jika Di Beri Kesempatan, Kita Siap!

    Rohil (nusapos.com)-Terkait Orang No 1 di Kabupaten Rokan Hilir ini, sebut saja H Suyatno maju sebagai Calon No 2 (Cawagubri) di Propinsi Riau mendamping H. Arsyadjuliandi Rachman, M.B.A.Gubernur Riau sebagai Cagubri dan Cawagubri 2018 mendatang, sebagaimana yang telah di isu-isukan oleh masyarakat Riau.


    Dirinya ( H Suyatno ) Bupati Kab.Rohil yang dijumpai 2 (dua) Pemimpin Redaksi dan awak media Online Pekanbaru (RiauInvestigasi.Com,Cebernews.Com dan Nusapos.Com,red) di kediamannya yang berlokasikan Jl Madrasah Kota Bagansiapiapi Kab.Rohil, Kamis (7/12/2017). Menuturkan, “ Terkait hal maju tidaknya saya selaku Wakil Gubernur Riau (Cawagubri) pada tahun 2018 nantinya, itu

    baca selengkapnya di http://nusapos.com/2017-12-08/suyatno-jika-di-beri-kesempatan-kita-siap

    BalasHapus
  2. Penuturan Orang No 1 Di Kabupaten Rokan Hilir Soal Cagubri
    Suyatno : Jika Di Beri Kesempatan, Kita Siap!

    Rohil (nusapos.com)-Terkait Orang No 1 di Kabupaten Rokan Hilir ini, sebut saja H Suyatno maju sebagai Calon No 2 (Cawagubri) di Propinsi Riau mendamping H. Arsyadjuliandi Rachman, M.B.A.Gubernur Riau sebagai Cagubri dan Cawagubri 2018 mendatang, sebagaimana yang telah di isu-isukan oleh masyarakat Riau.


    Dirinya ( H Suyatno ) Bupati Kab.Rohil yang dijumpai 2 (dua) Pemimpin Redaksi dan awak media Online Pekanbaru (RiauInvestigasi.Com,Cebernews.Com dan Nusapos.Com,red) di kediamannya yang berlokasikan Jl Madrasah Kota Bagansiapiapi Kab.Rohil, Kamis (7/12/2017). Menuturkan, “ Terkait hal maju tidaknya saya selaku Wakil Gubernur Riau (Cawagubri) pada tahun 2018 nantinya, itu

    baca selengkapnya di http://nusapos.com/2017-12-08/suyatno-jika-di-beri-kesempatan-kita-siap

    BalasHapus